RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Pelajaran : Kimia
Kelas/semester : XII/1
Materi :
-
Pembuatan
unsur-unsur dan senyawa halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, nitro-gen,
oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga.
-
Kegunaan dan
dampak unsur/senyawa bagi manusia dan lingkungan
Alokasi Waktu : 2mgg
x 4jp
I.
KOMPETENSI
INTI :
KI Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan
proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasaalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
K3 Memahami. Menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
K4 Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
II.
KOMPETENSI
DASAR :
1. Menyadari adanya keteraturan dalam keragaman sifat unsur
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
2. Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan
transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME
yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
3. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
4. Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
5. Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai
wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
6. Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan
sifat kimia, manfaat, dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas
mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan
transisi (periode 4) dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
7. Menalar dan Menganalisis
kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak, proses
pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali
tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanya
dalam kehidupan sehari-hari.
III.
INDIKATOR :
1.
Menjelaskan pembuatan unsur- unsur
yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menjelaskan manfaat dan dampak
unsur-unsur serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat
menjelaskan pembuatan unsur-unsur halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, nitro-gen,
oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
2. Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur serta senyawanya dalam
kehidupan sehari-hari dan industri.
V.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pembuatan
unsur-unsur kimia dan senyawanya meliputi : halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, nitro-gen,
oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga.
2. Kegunaan unsur-unsur kimia dan senyawanya serta dampak unsur-unsur kimia dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegunaan unsur-unsur kimia dan senyawanya serta dampak unsur-unsur kimia dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
VI.
PENDEKATAN/METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Contextual
Teaching and Learning
Metode : Ceramah informasi,
diskusi, tanya jawab
Model
Pembelajaran :Portofolio, kooperatif jigsaw
VII.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Untuk 1 pertemuan: 2 x 45 menit
Langkah
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Nilai karakter yang
dicapai
|
Pembukaan
|
Salam pembuka:
Peserta didik masuk kelas, kemudian salah satu peserta didik memimpin doa sebelum pelajaran dimulai.
Guru mengabsen peserta didik.
|
1 menit
|
Disiplin
|
Apersepsi:
Guru menunjuk benda-benda yang ada di dalam kelas seperti meja,
jendela, kaca, pensil, tralis besi, dan sebagainya lalu
menanyakan asal dan kegunaannya kepada siswa. Guru mengajak peserta didik untuk
mulai berpikir tentang kegunaan unsur-unsur kimia dan proses pembuatannya.
|
3 menit
|
Percaya diri
Kreatif
|
|
Penjelasan tujuan pembelajaran:
Guru menjelaskan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
1 menit
|
Menghargai orang lain
|
|
Kegiatan inti
|
Eksplorasi:
Guru menampilkan tabel periodik unsur lalu peserta didik menyebutkan unsur-unsur
logam yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
|
5 menit
|
Kreatif
Mandiri
Tekun
Percaya diri
|
Elaborasi :
1). Guru membagi
peserta didik menjadi 6 kelompok
jigsaw. Kelompok harus beragam dalam hal gender, etnis, ras, dan
kemampuan.
2). Guru menunjuk salah satu peserta didik dari tiap
kelompok sebagai pemimpin. Awalnya, orang ini harus menjadi peserta didik yang
paling matang dalam kelompok.
3). Guru
mengundi materi yang harus dikuasai pada masing-masing kelompok
3). Menugaskan setiap peserta didik untuk
belajar satu bagian, yaitu
manfaat, dampak serta proses pembuatan yang dalam hal ini guru menayangkan
video pembuatan logam natrium, besi dan aluminium serta memberikan buku pegangan. Memastikan
peserta didik memiliki
akses langsung hanya untuk bagian mereka sendiri. (dua kelompok mengamati dan memahami manfaat, dampak, dan proses
pembuatan logam natrium, dua kelompok mengamati dan memahami manfaat, dampak,
dan proses pembuatan alumunium, dan dua kelompok terakhir memngamati dan
memahami manfaat, dampak, dan proses pembuatan alumunium.
5). Guru memberikan peserta didik waktu
untuk membaca atau melihat video secara
berulang setidaknya dua kali agar peserta didik menjadi akrab dengannya. Tidak perlu bagi mereka
untuk menghafalkannya.
6). Membentuk "kelompok ahli" dengan
memilih salah satu peserta didik dari
setiap kelompok jigsaw bergabung peserta didik yang
berbeda di bagian yang sama. Beri peserta didik dalam
kelompok ahli waktu untuk mendiskusikan poin-poin utama dari bagian
mereka.
7). Guru
mengarahkan peserta didik dari kelompok ahli untuk kembali ke
kelompok asal dan mempresentasikan
atau menjelaskan hasil diskusi dengan
kelompok ahli untuk kelompok asal. Mendorong anggota kelompok lain
dalam kelompok untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi.
8). Guru
mengarahkan diskusi agar proses
tersebut tetap tertib sehingga tujuan tercapai.
9). Pada akhir sesi, memberikan kuis pada materi
sehingga peserta didik dengan
cepat menyadari bahwa sesi ini tidak hanya menyenangkan dan permainan tapi
benar-benar dihitung.
|
65 menit
|
Kerja sama
Kritis
Tekun
Percaya diri
Mandiri
|
|
Konfirmasi:
Guru mengumpulkan hasil rangkuman tiap-tiap kelompok dan meminta
peserta didik memberikan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
10 menit
|
Kritis
Cermat
Rapi
|
|
Penutup
|
Guru menyimpulkan hasil kegiatan dan memberikan evaluasi kepada peserta
didik berupa tugas rumah. Guru juga menjelaskan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya. Guru mengakhiri pertemuan dengan doa dan salam penutup.
|
5 menit
|
Religius
|
IX. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
Sumber
belajar : Hand Out, Buku kimia
kelas XI dan sumber lain yang mendukung
materi ( internet, modul, majalah)
Sumber informasi : Perpustakaan, lingkungan sekitar
Alat :
Papan tulis, spidol
Media
Pembelajaran : LDS, laporan percobaan
X. PENILAIAN
Jenis tagihan :
tugas kelompok
Bentuk instrumen : tes tertulis
(rangkuman kelompok)
Contoh instrumen : lembar
rangkuman
Tujuan : untuk
mengetahui kemampuan peserta didik dalam
memahami materi tentang manfaat dan dampak unsur-unsur serta senyawanya dalam
kehidupan sehari-hari dan industri, pembuatan unsur serta senyawanya dan
komposisi unsur dalam pupuk.
Lembar rangkuman :
masing-masing kelompok merangkum hasil presentasi kelompok lain.
Penilaian :
Yang dinilai
|
Skor maksimal
|
Kelengkapan
|
20
|
Isi rangkuman
|
70
|
Kerapian
|
10
|
Total skor
|
100
|
Skor
maksimal : 100
Nilai akhir :
No
|
Nilai Kuantitatif
|
Nilai Kualitatif
|
Keterangan
|
|
1.
|
≥ 86
|
A
|
Sangat
baik
|
|
2.
|
4
|
76 nilai < 86
|
B
|
Baik
|
3.
|
3
|
60
![]() |
C
|
Cukup
|
4.
|
2
|
46
![]() |
D
|
Kurang
|
5.
|
1
|
<46
|
E
|
Sangat
kurang
|
Semarang, November 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Hafshoh
Dwi Nirwana
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment