SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan
Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar (KD)
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan dalam keragaman sifat unsur sebagai wujud kebesaran Tuhan
YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil
pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Kelimpahan
unsur-unsur di alam
· Sifat fisis dan
sifat kimia unsur-unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah,periode 3,
dan periode 4.
·
Pembuatan unsur-unsur dan senyawa halogen, alkali,
alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi,
kromium, tembaga.
· Kegunaan dan
dampak
unsur/senyawa bagi manusia dan lingkungan
|
Mengamati (Observing)
·
Mengkaji literatur tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, khususnya di Indonesia.
Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur-unsur tertentu.
Menanya(Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
sifat-sifat dan kegunaan unsur-unsur gas mulia, mengapa unsur logam dapat
bersifat konduktor, sedangkan bukan logam tidak, bagaimana memperoleh logam
murni?, produk-produk apalagi yang dapat dihasilkan dari bahan dasar unsur
tertentu?
Mengumpulkan
data (Experimenting)
·
Kerja kelompok untuk mendiskusikan kelimpahan unsur/senyawa di
alam, khususnya di Indonesia.
·
Kerja kelompok dalam merancang dan melakukan percobaan dengan
seksama atau mengumpulkan data terkait sifat kimia unsur dalam satu
golongan/periode
·
Menganalisis data tentang sifat-sifat fisis
(penampilan titik didih,titik leleh, kekerasan, konduktivitas,warna,
kerapatan) dan sifat-sifat kimia unsur-unsur
dalam satu golongan/satu periode
·
Mengidentifikasi /menggali informasi tentang cara
memperoleh unsur murni dari bahan bakunya
·
Mendiskusikan kegunaan unsur/senyawa dalam
kehidupan
Mengasosiasi
(Associating)
·
Menyimpulkan keberadaan unsur di alam, dalam
sistem periodik berdasarkan sifat fisik dan kimia yang dimiliki.
·
Menyimpulkan prinsip pembuatan unsur-unsur/senyawa
·
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat-sifat
unsur yang diperoleh berkat penemuan kreatif para ahli.
·
Mensyukuri kelimpahan unsur di alam sebagai
anugerah Tuhan YME.
Mengkomunikaskan (Communicating)
· Membuat laporan percobaan tentang daya oksidasi
halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Mempresentasikan laporan percobaan tentang daya oksidasi halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok terkait dengan kelimpahan unsur di alam, sifat fisis dan sifat kimia, kegunaan, dan pembuatan unsur serta
produk yang mengandung unsur tertentu.
|
Tugas:
· Merancang dan melakukan percobaan tentang:
- Daya oksidasi
halogen
- Reaksi nyala
- Reaksi pengendapan
senyawa logam alkali tanah.
· Membuat bahan presentasi tentang
kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Observasi
·
Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan dan presentasi tentang kelimpahan unsur, sifat
fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Portofolio:
·
Penulisan artikel atau leaflet/brosur tentang
unsur-unsur di alam, sifat fisis, sifat kimia, kegunaan, pembuatan dan dampak unsur/ senyawa
Tes tertulis
-
Menganalisis kelimpahan unsur
-
Mengidentifikasi sifat fisis dan sifat kimia unsur dalam
golongan/periode
-
Menjelaskan proses pembuatan unsur/senyawa
-
Menentukan kegunaan unsur/senyawa
|
8 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang relevan (terlampir)
|
1.2 Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia
sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk
kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|||||
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun,
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
|
|||||
3.6 Menganalisis
kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak,
proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan
alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan
senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||||
4.6
Menalar
dan Menganalisis
kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak,
proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan
alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan
senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
No comments:
Post a Comment